Rabu, 19 Agustus 2015

Menjadi Ansos Itu Baik

Ansos – Anti Sosial.

Mungkin kalau dalam kamus bahasa gue adalah;

“Saat dimana lo jauh dari dunia social media. Gak ada aktifitas check-in bbm, line, wa, wechat, twitter, instagram, path dan temen-temennya pas bangun tidur. Saat dimana lo gakan update status pas mau mandi atau pas lagi baper. Saat dimana lo perlu ribet ngisi pulsa internet. Dan saat dimana lo bisa focus dikehidupan lo.”

Gue pernah nyobain jadi ansos untuk waktu yang cukup lama. satu tahun.


Awalnya sih gegara gue udah gak sanggup buat ngisiin pulsa internet yang mahal banget itu, dan gue mau focus sama jam belajar gue. Waktu itu gue mau tes masuk perguruan tinggi.

Dan gue sadar, sangat amat sadar, buat gue social media banyak mudhorot-nya. Buat gue.
Gatau mungkin karena gue waktu itu baru dikasih smartphone atau apa, dan gue lagi asik-asiknya memperbanyak akun-akun media social gue. Misalnya aja, twitter nih, tweet-tweet gue lebih banyak isinya tentang keluhan, cacian, dan hinaan buat orang lain.

Misalnya.
Di sekolah ada jam tambahan. Telat pulang.
Status; “ih anjir ini apaan banget sih pake ada tambahan gue capek mau pulang. Ini sekolah apa banget deh ew.”

Padahal yang ngikutin jam tambahan itu buat gue aja tapi temen-temen juga. Dan mereka gak ngeluh kaya gue. Poin minus banget gak sih buat gue?


Galau.
Status; “udah nunggu lama-lama eh kamunya pacaran sama orang lain. Gue doain kalian cepet putus ya”

Sumpah ya ini gue jijik banget pas baca status gue yang ini.
Berkat perkembangan social media yang udah jumpalikan hebatnya. Setiap ada masalah gue malah curhat di medsos. Dibaca sama semua orang yang temenan sama gue. Niatnya sih dibaca sama doi, tapi mungkin doi jadi ilfeel kali ya kalo baca status kek begitu. Gue baru ngeh sekarang lagi wkwkwk.


Liat cewek dandanan norak.
Status; “lo mau ke sekolah apa mau ngelenong? Dempul banget sih.”

Kalo dipikir-pikir, itukan hidup mereka ya, ya terserah mereka mau dandan kek begimana juga. Toh gak ada untung/ruginya ini buat kita kan? Maaf ya buat semuanya yang udah gue gituin. Sungguh gue khilaf.
Tapi semua kelakuan gue yang menjijikan itu bukan hanya pengaruh media social, tapi juga ada campur tangan pergaulan pertemanan yang agak salah wkwkwkwkwk.



Oh iya satu lagi deh! Gue itu kena sindrom orang-kepo-gak-ada-abis-nya. Kepo banget! Jadi apapun gue kepoin. Sampe bisa berjam-jam buat stalking instagram orang-orang. Bacain ask.fm mereka gitu. Dan gue sangat amat menyadari, hidup gue jadi tidak produktif.

Selain kepo gue juga orangnya panasan hahahaha. Jadi kalau ada orang post foto apa, gue jadi pengen, trus ikutan. Atau gue post foto dengan maksud terselubung “bikin mereka panas juga” alias gue pengen sombong.
Itu semua sih yang bikin gue bengah ada ditengah-tengah dunia modern ini. Gue jadi lupa sama semua tujuan hidup gue. Yang ada dipikiran gue juga pengan sama kayak mereka, bisa post foto kek mereka, apa yang mereka lakuin pengan gue lakuin, apa yang mereka bisa gue juga pengen bisa, dan gue lupa kalau setiap orang itu berbeda. Setiap orang punya kesukaan yang beda, dan gue capek kalau harus ngikutin pola kesukaan mereka terus  Cuma karena gue gak mau kalah sama mereka. Gue juga capek kalo setiap saat jadi orang yang gak bersyukur sama apa yang udah gue punya. Liat orang sirikan mulu, ujungnya jadi gak bersyukur. Aku capek.

Oleh karenanya , sekarang sih gue udah jauh-jauh dari hape gue. Gue pake hape yang jadul, Cuma buat sms-an aja. Tapi gue gak full-ansos kek waktu gue sekolah. Masih ada aktif media sosialnya juga sih. Itupun kalau sudah dipaksa sama temen-temen yang udah jengah gak liat keberadaan gue digroup chat whatsapp HEHEHEHE.

Dengan tulisan ini, gue gak maksud buat bilang kalau jadi anak yang ber-sosial-media itu gak baik. Karena positif-negatif nya pasti ada kan. Disini gue bercerita tentang pengalaman gue jadi anak yang sok gaul yang punya banyak media social. Buat gue, yang punya sindrom-kepo-sirik-merasa rendah-gak beryukur-dan-jadi-tidak-produktif ini….gue Cuma mau bilang, kalau….

Menjadi anti social itu baik.
Buat diri gue sendiri.


Banyak manfaat yang gue ambil dari jadi ansos ini, dari mulai waktu luang yang bisa gue gunain dengan nonton tv, nonton drama, nge-blog atau tidur. Hati gue juga jadi adem banget…….! Karena gak suka kepoin orang. Jadi lebih bersyukur dan jadi focus buat ngejar mimpi gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar